Beroperasi Juni 2018, 5 Stasiun LRT Palembang Siap Digunakan

NASIONAL734 Dilihat

Palembang -Progres pembangunan Light Rain Transit (LRT) Palembang telah memcapai 76 persen dan siap beroperasi pada Juni 2018 mendatang. Namun, hanya akan ada 5 dari 13 stasiun yang siap untuk beroperasi dan melayani penumpang.

Meskipun demikian, saat meninjau progres pembangunan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap seluruh stasiun tetap dapat beroperasi secara bersamaan. Sehingga langsung dapat memberikan pelayanan secara maksimal pada masyarakat Sumatera Selatan.

“Harapan kita 13 stasiun ini akan beroperasi secara bersamaan semua. Tapi nanti kita lihat dulu seperti apa pada bulan Juni, apakah bisa langsung beroperasi atau tidak,” kata Menhub Budi Karya saat meninjau progres pembangunan LRT Palembang Zona I, Minggu (10/12/2017).

READ  "Divonis Celebral Palaxy" PSI Bungo Kumpulkan Donasi Untuk Ananda Azkarya

Menurut Budi, saat ini progres pembangunan LRT Palembang secara keseluruhan telah mencapai 76 persen dan untuk pemasangan steelbox girder telah mencapai 100 persen. Sedangkan untuk rel kereta sendiri, pengerjaan telah mencapai 50 persen dari total keseluruhan sekitar 47 KM.

Saat beroperasi, Kemenhub dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku pihak pengelola juga akan melakukan pengkajian untuk menetapkan tarif penumpang. Dimana sampai saat ini Budi baru memperkirakan tarif berkisar Rp 5.000 dan tarif ini telah disubsidi oleh pemerintah.

READ  Dusun Pematang Panjang "Sukses Laksanakan Program BSPS"

Sementara itu, Direktur Operasional PT Waskita Karya Adi Wibowo mengatakan, bahwa saat pelaksanaan Asian Games mendatang hanya akan ada 5 dari 13 stasiun yang beroperasi. Hal ini dikarenakan 8 stasiun lagi masih dalam pengerjaan dan dipastikan tidak selesai saat pesta olahraga tingkat Asia mendatang.

READ  PROGRAM PAMSIMAS DUSUN TELENTAM "DINILAI MUBAZIR"

“Ada 3 stasiun yang akan bisa digunakan untuk uji coba pada Maret mendatang. Kemudian hanya ada 5 dari 13 stasiun yang bisa beroperasi saat Asian Games dan sisanya baru akan bisa kita kerjakan setelah selesai event untuk bisa digunakan keseluruhannya,” kata Adi.

Adapun 5 stasiun yang akan beroperasi perdana dan saat Asian Games yakni, stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, stasiun Palembang Icon Mal, stasiun Pasar Cinde, stasiun Stadion Jakabaring dan stasiun OPI Mal.

Komentar