Ngeri,,,Petugas Garda COVID-19 di Bungo “Tak Pakai Masker dan APD” Merasa Kuat dan Kebal???

788

BUNGO,JCN Sebagai Petugas Garda (Pengawal Garis Terdepan) COVID-19 (Corona Virus Disease 2019), Kesehatan dan Keselamat Diri adalah Yang Sangat Penting. Untuk menjadi Petugas Garda Terdepan COVID-19, Alat Pelindung Diri Lengkap (APD) harus menjadi yang utama. Namun pemandangan tersebut tak terlihat di Posko Satgas (Satuan Tugas) COVID-19 diperbatasa Bungo – Bangko, akibatnya warga yang diperiksa para petugas Posko COVID-19 ketakutan dan mengeluhkan standar kesehatan di Posko tersebut.

Pemandangan tak wajar ini dipaparkan oleh Awi, salah satu warga Bungo yang di cek kesehatannya saat hendak melintas dijalan Bungo – Bangko. Menurutnya, para pengendara yang diperiksa sudah memenuhi standar kewaspadaan kesehatan yang dianjurkan Pemerintah, misalnya menggunakan masker dan menggunakan handsanitaizer atau mencuci tangan. Sementara petugas Posko baik itu Petugas Kesehatan ataupun Petugas lain tidak sama sekali menggunakan masker apalagi menggunakan APD lengkap.

“Sebelum saya dilakukan pemeriksaan, saya mempertanyakan soal APD lengkap yang tidak mereka gunakan termasuk masker, namun jawaban petugas kesehatan di Posko tersebut santai, kalau mereka belum diberikan masker apalagi APD Lengkap untuk bertugas. Tentunya, kami takut dan was-was, namun dengan keterpaksaan dan kondisi ketakutan, kami tetap ikuti aturan dan tak mampu menghalangi petugas untuk mengecek kondisi kami warga yang melintas,”Ungkap Awi warga Bungo pada JCN.

Menerima laporan dari Awi, Tim JCN langsung meluncur kelokasi Posko COVID-19 Bungo – Bangko, pengecekan dilakukan selasa (2/6/2020), hasilnya memang benar, saat Tim JCN tiba dilokasi, yang terlihat para petugas hanya menggunakan masker tanpa APD Lengkap. Saat ditanya, jawabannya sama dengan yang diceritakan oleh Iwan pada JCN, “APD Tidak Diberikan Pada Petugas Garda COVID-19 Posko Perbatasan Bungo-Bangko”.

Sebelumnya, Pemerintah Bungo telah menaikan status dari Siaga menjadi Tanggap Darurat COVID-19, itu artinya Virus Corona sudah sangat mengkhawatirkan diwilayah Kabupaten Bungo, tapi apakah para petugas kesehatan yang rata-rata hanya honorer tersebut tidak menjadi perhatian Pemerintah, apakah kesehatan serta nyawa para petugas Garda Terdepan yang menjaga perbatasan tidak begitu penting?.

Sementara itu dana yang dikucurkan untuk penanganan COVID-19 Khusus wilayah Bungo sangat-sangat fantastis yakni miliyaran rupiah, yang diperuntukan bagi para petugas Garda Terdepan COVID-19, mulai dari ketersediaan APD, hingga hajat hidup para petugas garda terdepan COVID-19, kenyataan ini berbanding terbalik dengan pemanadangan hari ini yang terlihat di Posko COVID-19 Perbatasan Bungo-Bangko yang tepatnya di Desa Rantau Keloyang Kecamatan Pelepat Bungo.

“Kami sangat ketakutan, kalau para petugas kesehatan ataupun petugas lain yang menjaga Posko perbatasan adalah orang-orang yang akan menularkan COVID kepada kami, warga yang melintas. Tolong,,Pemerintah Bungo Khsusunya Bupati dan Wakil Bupati Bungo, lengkapi fasilitas keselamatan kesehatan para petugas garda terdepan COVID-19, yang siap mempertaruhkan nyawa mereka demi Bungo,”Tegas Awi warga yang peduli dengan keselamatan serta kesehatan petugas Garda Terdepan COVID Bungo.(Tim JCN)

Silahkan komentar nya di bawah ini