Memperingati HAN, KAP Jambi Gelar Sosialisasi Hukum di Centra Anak ALYATAMA

UMUM783 Dilihat

JAMBI, JCN – Komunitas Advokat Perempuan (KAP) Provinsi Jambi kembali menghelat kegiatan bertajuk Sosialisasi Hukum. Program Kerja KAP yang nyata ditengah masyarakat ini terus digulirkan dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang awam akan hukum.

Sebelumnya KAP Jambi yang baru seumur jagung ini telah menghelat pertemuan silahturahmi dengan istri orang nomor satu di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jambi yakni Sekda Kota Jambi. Dalam silahturahmi itu, Ibu Sekda Hj Hartati, SPd, ME sangat menyambut baik lahirnya KAP Jambi. Ibu Sekda berharap agar KAP bersinergi dengan Darma Wanita Persatuan Kota Jambi.

Dukungan penuh juga disampaikan Ibu Wakil Walikota Jambi, Ny Dr dr, Hj Nadiyah, SP. Og, saat audiensi yang digelar KAP pada 11 Juli 2022 di rumah Dinas Wawako. Dr Nadiyah berharap KAP selain bersinergi dengan Dinas Instansi terkait, KAP juga diharapkan bersinergi dengan Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Jambi dalam hal Pemberian Sosialisasi Hukum.

Mewujudkan niat baik dan keinginan Ibu Wakil Walikota dan Ibu Sekda Kota, serta menyelaraskan dengan Program Kerja KAP,  Ketua serta seluruh petinggi dan pengurus KAP langsung menggelar sosialisasi dan tatap muka dengan seluruh Darma Wanita Kota Jambi.

Kini KAP yang dinahkodai oleh Adv Diana Bachtiar, SH ini kembali berbaur dan memberikan edukasi hukum di Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2022. KAP bersilahturahmi, berbagi dan bertatap muka langsung dengan puluhan anak-anak yang menghuni Centra Anak ALYATAMA Jambi pada senin 25 Juli 2022.

“Untuk Memperingati Hari Anak Nasional ini KAP ingin berbagi dan bersilahturahmi dengan anak-anak yang mendiami Balai Rehabilitasi ALYATAMA yang kini berganti nama menjadi Centra Anak ALYATAMA. KAP juga memberikan edukasi tentang Hukum pada anak-anak yang memerlukan perlindungan Khusus tersebut, ” Terang Diana Bahctiar, SH Ketua KAP Jambi.

Acara yang bertajuk Sosialisasi Terhadap Anak-anak yang Memerlukan Perlindungan Hukum Khusus ini disambut baik oleh anak-anak dan pimpinan serta staf Alyatama. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan anak-anak kepada KAP yang seluruhnya adalah Advokat hebat di Jambi.

“Selain memberikan edukasi hukum, acara yang berjalan santai dan penuh gelak tawa ini juga dihiasi dengan berbagai game berhadiah yang disiapkan KAP, ” Ujar Diana yang berharap kegiatan ini menjadi program tetap dan berkelanjutan untuk KAP dimasa mendatang.

Sementara itu, Kepala Centra Anak Alyatama,  Viking Rizarta, S.ST, M.P,  melalui Elyadi selalu Pekerja Sosial sangat senang dan menyambut positif kegiatan yang digelar KAP Jambi. Harapannya kegiatan sosialisasi Hukum yang dibalut game interaktif berhadiah yang bisa menimbulkan senyum tawa bahagian anak-anak ALYATAMA ini dijadikan program kerja rutin.

“Acara ini sangat baik dan kami siap dukung terus. Senyum, Tawa Bahagia anak-anak ALYATAMA serta edukasi Hukum yang diberikan KAP diharapkan mampu menghantar anak-anak menatap masa depan lebih baik,” Harap Alyadi.

Ditambahkannya, Anak-anak jebolan ALYATAMA sudah banyak yang berhasil, mulai dari menjadi barista di Kafe, jadi montir serta banyak lagi.

Materi yang diberikan KAP dengan Slogan SMART dan ELEGANT ini disampaikan oleh Adv Marlince Evalina Silitonga, SH dan Adv Dania Yesiani, SH, MH. Materi berisikan tentang defenisi anak sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Hak serta Kewajiban anak dimata Hukum.

“Materi yang kami sampaikan seputar anak kaitannya dengan Hukum sesuai dengan UU Perlindungan Anak. Mulai hal dan Kewajiban, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan serta tanggungjawab mereka terhadap orangtua, agama dan bangsa, ” Pungkas Adv Marlince Evalina. (Tim)

Komentar